Barengan Muhammadiyah, Hasil Sidang Isbat: Awal Puasa Senin, 6 Mei 2019

Barengan Muhammadiyah, Hasil Sidang Isbat: Awal Puasa Senin, 6 Mei 2019

Mei 5, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Jakarta (05/05), Pemerintah melalui Kemenag telah selesai menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1440 H. Hasil sidang sebagaimana diprediksi akan sama dengan Persyarikatan Muhammadiyah, yang dimana Muhammadiyah sudah menentukan beberapa pekan sebelumnya.

Untuk hasil sidang itsbat sore ini, pemerintah menetapkan hari pertama puasa jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Hal itu sama persis dengan Persyarikatan Muhammadiyah yang sudah beberapa pekan sebelumnya menyatakan bahwa 1 Ramadhan 1440 jatuh di Hari Senin, 6 Mei 2019.

“Dengan posisi hilal dan kesaksian petugas (peru’ya), sidang isbat secara mufakat telah bersepakat menetapkan 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari,” ujar Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (5/5). Pemantauan hilal digelar di 102 titik di Indonesia, dan 9 petugas melaporkan melihat hilal. Sementara data hisab menunjukkan ketinggian 4-5 derajat. Sidang di mulai sejak pukul 17.00 WIB di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama. Dan secara keseluruhan sidang isbat ini.

Sidang Isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh di antaranya dari PP Muhammadiyah, PBNU, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar. Hadir pula Duta Besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. (Hermawan – disarikan dari berbagai sumber)