Batik Parang Kedungkeris Siap Meramaikan Dunia Batik Gunungkidul

Batik Parang Kedungkeris Siap Meramaikan Dunia Batik Gunungkidul

Maret 14, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Batik Parang Kedungkeris adalah motif khas dari Kecamatan Nglipar, khususnya dari Desa Kedungkeris. Dalam lomba evaluasi Desa tingkat Kabupaten beberapa hari yang lalu, Batik Parang Kedungkeris ikut meramaikan dan bahkan dilaunching oleh Kepala Dinas DP3KBPMD, Sujoko.

Walaupun baru dilaunching menurut Tri Handoko ketua Komunitas Kauman Batik, motif asli Kecamatan Nglipar ini sudah ada mulai tahun 2017 dengan penemunya oleh Sagimin yang pernah mengabdikan diri di Kelurahan Kedungkeris selama puluhan tahun.

Ditambahkan oleh Tri Handoko yang juga menjadi Kepala Seksi Pelayanan di Kelurahan Kedungkeris ini, pasca ditemukannya Batik motif Parang Kedungkeris ini, pengurus dan pelaku bertekad akan membuat batik ini menjadi kebanggaan Warga Nglipar dan Desa Kedungkeris pada khususnya dan siap melengkapi Dunia Perbatikan di Kabupaten Gunungkidul.

Saat redaksi WMN menemui Kepala Desa Kedungkeris, Murdianto di tempat pembuatan Batik khas Kecamatan Nglipar ini, Batik ini 100% didukung oleh Pemerintah Desa. Langkah kongretnya adalah Pemerintah Desa memesan 100 pcs untuk para perangkat Desa, Dukuh, ketua RW, dan Ketua RT se Kelurahan Kedungkeris. Langkah kongret yang dilakukan Pemerintah Desa Kedungkeris ini tidak lain untuk mengembangkan Batik Parang Kedungkeris ini.

Selain itu pemerintah desa pekan depan akan mendaftakan hak paten motif ini ke Kemenkumham RI, sehingga batik motif khas Kecamatan Nglipar ini akan siap bersanding dengan motif batik Di Kabupaten Gunungkidul dan Daerah Istimewa Yogyakarta. (imuhar)