Cempluk Kesamben, Wisata Baru di Gunungkidul Yang Layak Dikunjungi

Cempluk Kesamben, Wisata Baru di Gunungkidul Yang Layak Dikunjungi

Maret 10, 2019 0 By Redaksi Mentari News

Mentari News – Kabupaten Gunungkidul sudah dikenal lama menjadi primadona pariwisata, apalagi kalau waktu libur banyak orang berdatang untuk berwisata di Gunungkidul.

Beberapa waktu yang lalu para wisatawan masih tefokus di deretan pantai, bary beberapa ke goa pindul dan desa wisata.

Nah dengan melihat realita seperti itu maka sejak pertengahan 2018 Masyarakat Desa Ngleri Kecamatan Playen membuat kelompok pokdarwis untuk memaksimalkan potensi wisata Cempluk Kesamben di dusunnya. Di sini kita akan disuguhi pemandangan begitu indah dengan nuansa pepohonan yang hijau dan sejuk dan tak kalah menarik dengan destinasi wisata di Gunungkidul yang lainnya.

Cempluk kesamben merupakan destinasi wisata baru yang ada di Gunungkidul, tepatnya berada di Dusun Ngleri lor, Desa Ngleri, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Wisata ini merupakan rintisan oleh seklompok masyarakat pokdarwis Dusun Ngleri lor sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Jika destinasi lain memiliki ciri khas, maka Cempluk kesamben juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu spot untuk melihat sunrise dan sunset.

Jika anda ke destinasi wisata ini maka akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah, menawan dengan viewnya hutan wanagama, sungai oyo yang berkelok sehingga akan menambah kesegaran tersendiri bagi anda yang melihatnya. Tempat ini juga cocok bagi anda para pengemar photography dan juga bagi anda yang suka camping.

Belum diberlakukan pemungutan retribusi karena Berhubung masih dalam tahap pembenahan serta penataan.

Ketua Pokdarwis Desa Ngleri Rebin menyatakan bahwa tempat ini masih dalam penataan fasilitas seperti spot spot foto selfi, kamar mandi, tempat parkir dan fasilitas penunjang lainya.

Rebin juga menambahkan bahwa tempat ini masih dikelola oleh masyarakat yang secara gotong royong dan akan terus selalu berbenah sehingga wisatawan yang berkunjung akan merasa nyaman. Dan berharap juga dengan adanya wisata ini akan mampu menambah kesejahteraan masyarakat setempat terutama dalam bidang ekonomi. (hermawan/imuhar)