CPNS Dibuka, Inilah Formasi Untuk Kabupaten se DIY (Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Kodya, dan Pemprov)

CPNS Dibuka, Inilah Formasi Untuk Kabupaten se DIY (Gunungkidul, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Kodya, dan Pemprov)

November 12, 2019 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWS – Yogyakarta (12/11), Untuk Kabupaten Bantul akan segera dibuka ebanyak 601 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Bantul akan segera dibuka.

Informasi pendaftaran akan dibuka pada Senin, 11 November 2019. “Ada 601 formasi di Bantul. Sampai saat ini untuk kualifikasi pendidikan sudah pasti. Kita umumkan paling lambat besok Senin. Itu kemarin, menjadi kesepakatan kita bersama di DIY,” kata Kepala BKPP Bantul, Danu Suswaryanta.

Meski kualifikasi pendidikan sudah ditentukan, Danu mengaku belum bisa merinci. Ia meminta masyarakat menunggu. Masyarakat bisa mengakses informasi CPNS, mulai dari syarat pendaftaran, kualifikasi pendidikan dan formasi apa saja yang dibutuhkan melalui online, di laman sscasn.bkn.go.id.

Danu memastikan untuk CPNS 2019 di Bantul, pihaknya membuka formasi untuk dissabilitas. “Untuk Bantul saya yakinkan ada formasi untuk dissabilitas. Saat ini masih proses di Panselda,” kata dia.Menurut dia, sebelum formasi CPNS diumumkan, akan ada rapat koordinasi dengan lembaga Disabilitas DIY. Karena memang, kata dia, ada beberapa kriteria disabilitas yang memenuhi persyaratan untuk bekerja di pemerintahan. “Jadi kita nanti berikan porsi untuk disabilitas. Untuk jumlahnya, kita masih menghitung,” ujar dia.

Diketahui, Kabupaten Bantul mendapatkan kuota penerimaan CPNS 2019 sebanyak 601 Formasi. Jumlah tersebut, menurut Danu sudah cukup ideal. Meskipun tidak sesuai dengan yang diusulkan. Saat menjelaskan Ketika rapat koordinasi Nasional, Pemkab Bantul sebenarnya mengusulkan sebanyak 655 formasi. Namun hanya 601 formasi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Jadi ada selisih 44 formasi,” ujar dia.

Dari sebanyak 601 formasi yang akan dibuka, terbagi kedalam tiga kategori. Antara lain, tenaga Pendidikan sebanyak 308, tenaga teknis 205 dan tenaga kesehatan 88 orang.

Dikutip dari portal website menpan.go.id untuk Pemprov DIY, Kota Yogya, Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul berikut rincian formasi CPNS:

  1. Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta: 718
  2. Pemerintah Kabupaten Bantul: 601
  3. Pemerintah Kabupaten Sleman: 643
  4. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul: 345
  5. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo: 360
  6. Pemerintah Kota Yogyakarta 419