Dari Wonosari ke Puncak Tertinggi Gunungkidul Kini Hanya Butuhkan 30 Menit

Dari Wonosari ke Puncak Tertinggi Gunungkidul Kini Hanya Butuhkan 30 Menit

Maret 12, 2019 0 By Redaksi Mentari News

Mentari News – Nglipar (12/03), Kemudahan akses menuju jalur pariwisata terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, salah satu obyek wisata yang menjadi perhatian pemerintah adalah embung Sriten.

Melalui DPUPRKP kab Gunungkidul, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan upaya peningkatan ruas jalan menuju embung sriten,.

Pembangunan jalan Pilangrejo – Sriten dilaksanakan pada tahun anggaran 2018, dibangun dengan anggaran APBD Kabupaten Gunungkidul sebesar Rp. 6.885.789.000,00, jalan sepanjang  5,1 km dengan lebar 4 m ini dilaksanakan selama 120 hari  kalender. Kondisi eksisting jalan Pilangrejo-Sriten sebelum dibangun adalah jalan macadam dengan beberapa titik diperkeras menggunakan cor rabat beton, beda elevasi antara titik atas dan titik bawah yang cukup ekstrim mengakibatkan jalan yang terjal dan berbahaya, sehingga akses wisatawan menuju embung sriten terbilang cukup susah.

Peresmian jalan Pilangrejo-Sriten dilakukan oleh Ibu Hj Badingah Bupati Gunungkidul, pada Selasa (05/03) yang lalu di Balai Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar.

Jalan sepanjang 5,1 km ini menghubungkan Desa Pilangrejo di kecamatan Nglipar ke Embung Sriten, Konstruksi yang digunakan pada jalan ini merupakan perkerasan kaku (rigid pavement) mengingat kondisi kontur tanah dan beda elevasi yang cukup ekstrim, mutu beton yang digunakan adalah fc’ = 20 Mpa dengan tebal 20 cm, sebagai kontraktor pelaksana  adalah PT Aneka Dharma Persada dan konsultan pengawas PT. Surya Praga.

Pembangunan akses jalan Pilangrejo –Sriten diharapkan mampu untuk menaikkan angka kunjungan wisatawan dan mampu bersaing dengan kawasan wisata lainnya, hal tersebut dikemukakan oleh Bupati Gunungkidul ketika melakukan peresmian jalan pilangrejo – sriten selasa tanggal 05 maret 2019

‪”Pembangunan infrastruktur di zona utara sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, baik untuk mobilitas masyarakat ataupun penunjang wisata. Maka dari itu, sekarang ini program pembangunan jalan memang tengah digenjot semaksimal mungkin,” imbuhnya

Menurut kepala desa Pilangrejo dalam pidato sambutan peresmian jalan pilangrejo – sriten  sebelum dilakukan peningkatan jalan pilangrejo-sriten, dari Balai Desa Pilangrejo ke puncak embung sriten membutuhkan waktu 30–40 menit, setelah dilakukan peningkatan jalan hanya perlu waktu 10 menit, sehingga apabila dari pusat kota wonosari ke puncak embung sriten total hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Dengan kemudahan akses menuju embung sriten tersebut diharapkan dapat mendukung perkembangan pariwisata sehingga mempunyai kawasan wisata lain selain pantai selatan, dan diharapkan dapat membantu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa sekitar. (pupkr)

Untuk nonton video peresmiannya