Desa Wisata Klayar Bersama Dinas Pariwisata Gunungkidul Adakan Lomba Perahu Kano 2019

Desa Wisata Klayar Bersama Dinas Pariwisata Gunungkidul Adakan Lomba Perahu Kano 2019

Juli 15, 2019 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWS – Nglipar (15/07), Puluhan atlet dayung DIY – Jateng berlomba adu kecepatan perahu dayung di objek wisata Klayar Kedungpoh Nglipar.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari, Ahad (14/07) ini digelar oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul dengan Pokdarwis Klayar dan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Cabang Gunungkidul.

Menurut Aris Sugiantoro, Kasi Pengembangan Wisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul menjelaskan tujuan lomba ini untuk menjadikan wahana latihan dan meningkatkan potensi atlet dayung di DIY khususnya dari Gunungkidul, karena selama ini potensi atlet dayung di Gunungkidul belum ada wahana untuk latihan dan berkompetisi yang sesungguhnya. Selain itu, mengkombinasikan dengan wisata dengan lomna dayung diadakan di obyek wisata dapat diharapkan pengembangan wisata tidak berdiri terpisah dengan pengembangan di bidang lain, misalkan di bidang pemuda dan olahraga kali ini.

Adapun lomba dayung ini diikuti peserta sebanyak 32 regu dengan per regu beranggotakan 3 orang inti dan 1 orang cadangan, dari Kabupaten Gunungkidul, Kulonprogo, Bantul, dan Yogyakarta.

Untuk meminimalisir adanya peserta yang tercebur ke sungai karena memang medan lumayan sulit untuk menyeimbangkan terutama saat berbelok, panitia menerjunkan setidaknya 8 orang yang nyemplung di sungai. Dengan pembagian 2 orang di garis start, 2 orang sepanjang lintasan, dan 4 orang di garis finish untuk membantu menghentikan laju perahu usai peserta adu kecepatan. Dalam kejuaraan ini, panitia mengambil enam pemenang yakni uara 1, 2, 3 dan Juara Harapan 1, 2, 3 dengan total hadiah sebesar Rp 14 juta.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Klayar, Sutejo mempunyai harapan dengan even ini dapat memancing wisatawan untuk berkunjung di Objek Wisata Klayar agar lebih dikenal dan menjadi salah satu wisata unggulan di Gunungkidul. Dengan pengunjung yang banyak datang, secara langsung akan mendongkrak pemasukan Keluarga Besar Pokdarwis Desa Wisata Klayar.

Usai pertandingan, BupatiGunungkidul Hj. Badingah menutup secara resmi perlombaan Perahu Kano 2019 dengan memberikan hadiah kepada para pemenang. Di penutupan, selain Bupati Gunungkidul hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul dan jajarannya, OPD Kabupaten Gunungkidul, Kepala Desa Kedungpoh Nglipar, Camat Kecamatan Nglipar dan jajarannya, serta peserta 6 tim tercepat di perlombaan ini.

Hasil kejuaraannya sebagai berikut: Juara pertama Tim Sefi Angin asal Bantul (00.51.73), disusul Tim Cacung asal Bantul (00.53.89), nomer tiga Tim Black Dolphin asal Bantul (00.54.19). Untuk kejuaraan harapan, harapan pertana disabet tim Kucing Garong asal Kulonprogo (00.55.15), disusul tim Badak Laut asal Kulonprogo (00.59.99), dan harapan ketiga tim Duckman asal Bantul (01.02.59). (imuhar)