Dolanan Anak Mulai Diadakan Kembali Oleh Karangtaruna Pakelrejo Piyaman, Puluhan Anak dan Mantan Anak Sangat Antusias

Dolanan Anak Mulai Diadakan Kembali Oleh Karangtaruna Pakelrejo Piyaman, Puluhan Anak dan Mantan Anak Sangat Antusias

Juli 4, 2019 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWS – Wonosari (04/07), Tak mau dengan kenangan indah tentang masa anak kecil di jaman dahulu, Karangtaruna Dusun Pakelrejo Desa Piyaman menggemakan kembali Dolanan Tradisional anak.

Foto: anak SD terlihat antusias bergantian mencoba permainan lompat tali (sumber: mas imuhar)

Dengan mengambil konsep Festival Dolanan Tradisional anak ini, Karangtaruna Dusun Pakelrejo mengumpulkan puluhan anak usia SD hingga SMA dan mantan anak (usia Kuliah hingga 50an) bertempat di Balai Padukuhan Pakelrejo.

Dolanan Tradisional anak yang mulai diadakan kembali di Balai Dusun Pakelrejo ini, diantaranya: engklek (sunda manda), kelereng, lompat tali, enggrang bambu, enggrang bathok kelapa, bekelan, dan gangsingan. Menurut Nur Hidayat, Ketua Karangtaruna unit Dusun Pakelrejo mengatakan kegiatan festival Dolanan Tradisional anak ini salah satu kegiatan dari berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Bersih Dusun 4 Padukuhan di tahun 2019. Keempat dusun yang dimaksud adalah Pakelrejo, Budegan 1, Budegan 2, dan Ngemplek

Foto: terlihat beberapa mantan anak (ibu2) membawa anaknya untuk bermain bersama dolanan tradisional anak (sumber: mas Imuhar)

“Tak disangka mas, kita adakan even khusus dolanan tradisional antusias warga Dusun Pakelrejo sangat tinggi. Ini menandakan kita masih sayang dan kangen dengan dolanan tradisional anak jaman dulu”, menurut Ketua Karangtaruna Unit Dusun Pakelrejo ini.

“Semoga dengan even ini menjadi permulaan bangkitnya trend dolanan tradisional anak khususnya di Dusun Pakelrejo Desa Piyaman dan Kabupaten Gunungkidul DIY pada umumnya”, imbuh Nur Hidayat. (imuhar)