Fakta Menarik Tentang Gejayan, Aksi Ribuan Mahasiswa #GejayanMemanggil

Fakta Menarik Tentang Gejayan, Aksi Ribuan Mahasiswa #GejayanMemanggil

September 23, 2019 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWS – Yogyakarta (23/09), Nama jalan Gejayan kembali menjadi perhatian Warga Indonesia khususnya para warga net, yang dimana sejak Ahad kemarin (22/09) lewat tagar Gejayan Memanggil (#GejayanMemanggil).

Gabungan massa yang menamakan diri dalam Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) kembali berkumpul dengan titik pusat di pertigaan Jalan Colombo Gejayan pada Senin siang tadi (23/9).

Massa yang terdiri mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta menyuarakan aspirasinya terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), UU KPK, kerusakan lingkungan, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), dan penangkapan aktivis.

Berikut deretan fakta seputar aksi Gejayan Memanggil dan area Gejayan.

Massa Aksi dari Berbagai Kalangan

Peserta aksi #GejayangMemanggil yang dilaksanakan Senin (23/09), tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa. Ada juga yang berasal dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga masyarakat umum. Mereka tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak (ARB).

Peserta Aksi Berasal dari multi Universitas di Yogyakarta

Peserta aksi mayoritas adalah Mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Kota Pelajar Yogyakarta. Diantaranya

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Jenderal Ahmad Yani
  • UII Yogyakarta
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Sanata Dharma
  • IST Akprind
  • Universitas Atma Jaya

Gejayan merupakan nama kalurahan di Yogyakarta

Gejayan awalnya merupakan nama salah satu Kelurahan di Yogyajarta. Pada tahun 1946 bersama tiga nama kelurahan lain, Kalurahan Manukan, Kalurahan Gorongan dan Kalurahan Kentungan dilebur menjadi satu menjadi Desa Condongcatur. Area Gejayan juga dikenal dengan Jalan Affandi.G

Gejayan Pusat Strategis Kampus di Yogyakarta

Di sini merupakan banyaknya Sekolah tinggi atau universitas berada di area Gejayan. Sebut saja Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sanata Dharma (Sadhar) dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Selain itu, di sekitar Gejayan juga terdapat Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Gejayan merupakan Lokasi Aksi Mahasiswa Mei 1998 Yang Berakhir Ricuh

Nama Gejayan tidak dapat dipisahkan dari sejarah pergerakan mahasiswa di Indonesia. Zaman Reformasi 1998, terjadi demo reformasi oleh ratusan mahasiswa. Massa menuntut percepatan reformasi dan lengsernya Soeharto. Sayangnya unjuk rasa saat itu berakhir ricuh. Bentrokan ratusan mahasiswa dan aparat mengakibatkan banyak korban luka dan satu mahasiswa meninggal.

Gejayan Memiliki Hubungan Erat dengan Jalan Moses Gatutkaca

Nama Moses Gatutkaca diambil dari nama seorang mahasiswa bernama Moses Gatutkaca yang menjadi korban kerusuhan pada Mei 1998. Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Sanata Dharma ini ditemukan sekarat di pinggir jalan dengan luka benda akibat benda tumpul di kepala saat kerusuhan. Korban meninggal dalam perjalanannya menuju RS Panti Rapih. Untuk mengenang korban dan peristiwa bentrokan tersebut, salah satu Jalan Kolombo akhirnya diganti dengan Jalan Moses Gatutkaca. (inews)