Inilah Waktu Mandi Yang Sangat Dianjurkan

Inilah Waktu Mandi Yang Sangat Dianjurkan

Mei 12, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Kita beranggapan tentang waktu untuk mandi bisa boleh kapan saja, mau pagi siang dan sore bebas saja waktu untuk mandi. Akan tetapi ternyata mandi itu ada waktu-waktu yang tepat dan tidak tepat lho.

Tidak tepatnya kita waktu mandi, tidak membuat tubuh kita menjadi segar akan tetapi justru dapat menjadi penyakit lho. Misalkan yang terkenal penyakitnya adalah reumatik. Bukankah itu yang kita mau karena kita sregep mandi khan?

Berikut adalah waktu yang tidak diperbolehkan mandi

1. Hindari mandi 30 menit setelah ashar

Waktu yang pertama yang tidak diperbolehkan mandi adalah 30 menit setelah adzan ashar atau sekira setelah pukul 15.00-15.30 waktu setempat. Alasan ilmiahnya adalah di saat waktu jam 15.00-15.30 adalah kondisi darah dalam tubuh kita sedang panas-panasnya, sehingga jika kita mandi maka kita bukan akan mendapatkan kesegaran, justru melainkan dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

2. Hindari mandi setelah Sholat Maghrib

Waktu yang dihindari untuk mandi yang kedua adalah pada saat waktu setelah Sholat maghrib antara pukul 18.00-19.00 waktu setempat. Alasan ilmiahnya krena kondisi jantung pada waktu ini mulai lemah. Selain itu, mandi pada saat itu juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

3. Hindari mandi setelah isya hingga pukul 12 malam

Waktu yang ketiga adalah mandi setelah Sholat Isya’ yakni sekira mulai pukul 19.30 hingga 00.00 waktu setempat. Alasan ilmiahnya adalah waktu setelah Sholat Isya ini merupakan waktu dimana jantung kita sedang beristirahat. Mandi pada jam ini akan menyebabkan kerusakan jantung, selain itu kita akan lebih rentan menderita penyakit reumatik.

Lalu kapan waktu yang cocok untuk mandi? Berikut adalah waktu yang dianjurkan untuk kita mandi, karena waktu yang dianjurkan ini sudah pasti memberikan manfaat untuk tubuh.

1. Mandi setelah jam 00.00 sampai sebelum Subuh

Rekomendasi waktu mandi yang pertama, adalah mandi setelah jam 00.00-sebelum Subuh. Mengapa waktu ini direkomendasikan dan waktu yang terbaik untuk mandi? Alasan ilmiahnya karena mandi di waktu ini mengandung ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat badan lebih segar dan lebih awet muda.

Selain karena alasan ilmiah itu, mandi waktu ini adalah sangat dianjurkan oleh Ajaran Islam, sebagaimana yang dicontoh oleh Rasullulah Muhammad SAW. Sang uswatun khasanah Ummat Manusia sepanjang hidup di dunia ini, selalu melakukan mandi sebelum subuh karena mandi pada waktu ini akan menguatkan daya tahan tubuh kita. Seperti kita ketahui, Rasulullah Muhammad SAW di sepanjang hidupnya tidak pernah sakit parah karena salah satunya karena mandi sebelum Sholat Subuh. Bukti konkret lainnya dari Kabupaten Gunungkidul, (alm) Kh. Muhammad Husein (Imam besar Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari) saat beliau masih hidup juga selalu mencontoh mandinya Rasulullah, mandi sebelum jam 03.00 dan setiap jam 03.00 (alm) Kh. Muh Husein pasti adzan pertama Sholat Tajajud. Dan alhamdulillah sepanjang beliau masih sugeng tidak pernah merasakan sakit, serta saat meninggal (dimandikan) wajah beliau berseri-seri dan terlihat sehat bugar. Subhanallah.

2. Mandi pada waktu ashar

Waktu rekomendasi berikutnya adalah Mandi pada saat waktu ashar akan membuat tubuh lebih segar. Waktu ashar itu antara Pukul. 14.30-15.00 waktu setempat. Selain karena alasan itu mandi pada waktu ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit. (imuhar-disarikan dari berbagai sumber)