KBIH Aisyiyah DIY Akan Gelar Manasik Haji di Gunungkidul, 1.200 Calhaj Akan Hadir

KBIH Aisyiyah DIY Akan Gelar Manasik Haji di Gunungkidul, 1.200 Calhaj Akan Hadir

Maret 25, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Wonosari (25/3), Kelompok Bimbingan Islam Haji Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta Ahad (21/4) yang akan datang akan melaksanakan manasik haji Kabupaten Gunungkidul.

Direncanakan ada 1.200 jamaah calon haji (calhaj) Kelompok Bimbingan Islam Haji (KBIH) Aisyiyah yang mengikuti manasik haji di Gunungkidul, peserta berasal dari dari 4 kabupaten dan kota se Daerah Istimewa Yogyakarta.

Persiapan matang dari waktu, tempat, dan rangkaian kegiatan perlu dilakukan. Ini disebabkan ribuan calhaj Jamaah KBIH Aisyiyah se DIY akan datang ke Gunungkidul. Direncanakan prosesi manasik haji akan menggunakan sejumlah fasilitas yang ada di Kabupaten Gunungkidul, misalkan Lapangan Semanu, Lapangan Genjahan, Stadion,  Alun-Alun Wonosari dan Masjid Agung Al Ikhlas.

Direncanakan prosesi manasik haji akan dimulai dari Semanu diibaratkan sebagai Arofah, kemudian Genjahan sebagai Musdalifah, Stadion Gelora Handayani sebagai Mina, Masjid Agung Al Ikhlas sebagai Hotelnya dan Alun-Alun Wonosari sebagai Mekah. Pembagian lokasi ini berdasarkan perkiraan waktu dan jarak saat proses haji.

Pelaksanaan manasik diharapkan dapat menyuntik semangat masyarakat di Gunungkidul khususnya umat Islam untuk tergerak bersiap menunaikan rukun Islam yang terakhir. (imuhar)