Mengembangkan Pendidikan Berkarakter di Sekolah

Mengembangkan Pendidikan Berkarakter di Sekolah

Maret 9, 2019 0 By Redaksi Mentari News

Mentari News – Karakter merupakan hal yang pribadi untuk diketahui oleh semua orang, karena karakter seseorang terbaca tidak hanya dengan sekali atau dua kali dalam berinteraksi melainkan kecenderungan untuk tetap selalu berinteraksi satu sama lain akan membuat satu sama lain mengerti akan karakter masing-masing.

Karakter seseorang merupakan penggabungan watak tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang bisa terbentuk dari lingkungan tempat ia berada.

Berikut cara mengembangkan pendidikan karakter anak di sekolah.

  1. Memasang gambar para tokoh inspiratif di aula sekolah dan ruang-ruang kelas.
  2. Membuat program penghargaan untuk mengapresiasi berbagai hal yang membanggakan, selain prestasi akademis, olahraga atau kesenian.
  3. Meminta siswa mengungkapkan tokoh idola yang bersifat personal dan tanyakan mengapa tokoh itu menjadi idola siswa yang bersangkutan.
  4. Mengajarkan siswa mengenai kompetisi serta bantu siswa untuk mengerti kapan hal tersebut berguna dan kapan hal tersebut tak berguna.
  5. Menekankan pentingnya sikap ksatria (tidak curang) dalam berolahraga, bermain, dan dalam berbagai bentuk interaksi dengan orang lain
  6. Memberi penghargaan kepada siapapun yang berbeda keyakinan dan berbeda budaya. Katakan kepada siswa tentang kewajiban moral untuk bertindak adil terhadap orang lain. (Hermawan)

Kunjungi juga:
FB: Website Mentari News
Instagram: @mentarinewsindonesia
Twitter: @web_mentarinews

Mentari News Indonesia menerima tulisan berupa news dan artikel tentang perkembangan Persyarikatan, Edukasi, Wisata, Seni Budaya, dan serba-serbi kearifan lokal Indonesia dengan mempertimbangkan pencerahan dan berkemajuan.

Cara mengirim tulisan dapat dikirim via email di [email protected] Kemudian konfirmasi via wa di 081329784390