Mudik Lebaran Jadi Momen Untuk Ajak Saudara / Kerabat Kerja di Perantauan?

Mudik Lebaran Jadi Momen Untuk Ajak Saudara / Kerabat Kerja di Perantauan?

Juni 1, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Wonosari (01/06), Seperti kita ketahui bahwa ratusan ribu Warga Kabupaten Gunungkidul merantau di kota besar di luar DIY, terutama di area Jabodetabek, Bandung, dan beberapa lainnya. Di momen waktu jelang lebaran seperti saat-saat ini digunakan untuk mudik ke kampung halaman di seantero Kabupaten Gunungkidul.

Saat para perantau hendak kembali ke tempat rantauan tak ayal mereka membawa sanak saudara atau kerabatnya untuk ikut bekerja di tempat rantauan. Ditambah lagi baru saja ribuan anak muda yang lulus SMK/SMA/sederajat yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Bagaimana tanggapan Bupati Gunungkidul saat ditanya permasalahan ini? Saat ditemui saat mengunjungi Pos Pam lebaran di Bunderan Siyono Playen, Hj. Badingah mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah Gunungkidul tidak dapat menghalang-halangi para anak muda untuk bekerja di luar Gunungkidul. Akan tetapi menurut Bupati yang sudah menjabat 2 periode berturut-turut menyarankan bahwa untuk yang akan mencari kerja di luar Gunungkidul harus mempunyai keterampilan terlebih dahulu, jangan sampai mereka malah menganggur di tempat rantauan.

Hj. Badingah menambahkan, sebenarnya jika anak muda Gunungkidul dapat lebih sabar dan kreatif mereka malah akan mendapatkan rupiah di kampungnya sendiri. Karena Kabupaten Gunungkidul kini berkonsentrasi di Bidang Pariwisata dan bidang ini akan terus berkembang. Jangan sampai yang menikmati efek dari bidang ini malah dari luar Gunungkidul.

Hal senada juga disampaikan oleh Agus Mantara, Ketua Karangtaruna Kabupaten Gunungkidul saat ditemui di rumah dinas Wakil Bupati saat ada acara buka bersama para Karangtaruna desa Se Gunungkidul.

Agus Mantara mengungkapkan trend anak muda untuk bekerja di luar daerah mulai menurun, apalagi saat ini beberapa pabrik akan membuka di Kabupaten Gunungkidul yang tentunya akan membutuhkan tenaga kerja anak muda. Ditambah tren wisata di Gunungkidul ke depannya masih cerah.

Pada momen buka bersama dengan Wakil Bupati, DR. H. Immawan Wahyudi ini juga dalam rangka membahas tentang peningkatan kualitas SDM anak muda di Kabupaten Gunungkidul. (imuhar)