Polrestabes Surabaya Akan Tindak Tegas Masyarakat Sipil Yang Kawal Ambulance

Polrestabes Surabaya Akan Tindak Tegas Masyarakat Sipil Yang Kawal Ambulance

Desember 2, 2019 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWS – Surabaya (02/12), Maraknya Komunitas yang mengawal Ambulance menjadi perhatian khusus bagi Satlantas Polrestabes Surabaya, banyaknya keluhan dari Masyarakat terkait aksi komunitas sepeda motor yang arogan pada saat mengawal Ambulance yang sedang membawa pasien merupakan permasalahan baru yang dapat menimbulkan kecelakaan Lalu Lintas.

Untuk itu pada kesempatan mengambil apel pagi di Halaman Graha Sativa Gedung Bulog Senin 02 Desember 2019, Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Teddy Chandra, S.I.K., M.SI. memerintahkan anggota Satlantas Polrestabes Surabaya untuk menindak tegas Pengendara Sepeda Motor Sipil yang mengawal Ambulance pada saat sedang membawa pasien.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Teddy Chandra, S.I.K., M.SI. menjelaskan demi keamanan dan ketertiban lalu lintas, mobil ambulans tidak boleh dikawal oleh kalangan sipil. “Yang boleh mengawal dan mempunyai wewenang untuk mengawal (mobil Ambulance) adalah Polri. Karena itu menyangkut Kamseltibcar Lantas,” lanjutnya lagi.

Peraturan ini tertuang dalam Pasal 12 UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, bahwa Penyelenggaraan di bidang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor dan Pengemudi, Penegakan Hukum, Operasional Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, serta Pendidikan Berlalu Lintas, dilakukan oleh Polri.
Kapolrestabes Surabaya Kombespol H. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum, pada kesempatan lain menjelaskan, meskipun bertujuan baik, pengendara sipil dilarang mengawal Ambulance saat membawa pasien, jika dilakukan maka pelanggaran tersebut akan dikenakan sangsi iya sesuai pasal 284 ayat (4).

Lebih lanjut Kapolrestabes Surabaya Kombespol H. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum. menambahkan bahwa Ambulance yang sedang membawa pasien sudah dijamin memiliki prioritas pergerakan yang diatur pada pasal 134 huruf b. (haloduniadotnet)

%d blogger menyukai ini: