Ribuan ‘Imigran Gelap’ Serbu Jogja

Ribuan ‘Imigran Gelap’ Serbu Jogja

Desember 2, 2019 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWS – Yogyakarta (02/12), Ribuan ‘imigran gelap’ dari luar Indonesia mendatangi Kota Yogyakarta Indonesia. Imigran gelap yang dimaksud adalah burung dari luar Negara Indonesia. Ribuan Burung dari luar Indonesia sedang bermigrasi di Yogyakarta Indonesia, tepatnya di laguna Trisik dan muara Sungai Progo.

Baca juga: PAUD Terpapar Radikal? Aisyiyah Sayangkan Pernyataan Wapres Maruf Amin

Jenis burung paling banyak adalah burung laut jambul (Thalasseus bergii) dan cerek kernyut (Pluvialis fulva). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melarang perburuan tersebut karena kategori dilindungi.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA DIY Untung Suripto menjelaskan pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar Laguna Trisik dan muara Sungai Progo untuk tidak mengganggu burung-burung migran tersebut. ”Kami mendapati ada laporan masyarakat terkait gangguan berupa perburuan terhadap burung migran,” kata Untung, Kamis, 28 November 2019.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Sebut PAUD Terpapar Ajaran Radikalisme.

Ia menjelaskan, fenomena burung yang bermigrasi setiap tahun selalu ada. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini baru kali ini saja pihaknya menerima laporan. “Jadi ini masih kami selidiki, karena khan ini laporan bukan penindakan tangkap tangan,” jelas dia. (jogjaco)