Selamat, Muhammadiyah Ranting Berbasis Masjid Pertama Gunungkidul Terbentuk

Selamat, Muhammadiyah Ranting Berbasis Masjid Pertama Gunungkidul Terbentuk

Juni 23, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul Ahad (23/06) dirikan satu ranting terbaru di Kabupaten Gunungkidul. Biasanya Persyarikatan Muhammadiyah tingkat ranting berbasis desa, kali ini PDM membentuk ranting berbasis jamaah masjid.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, pembentukan ranting ini berbasis jamaah Masjid Al Ikhlas yang terletak di Dusun Gaduhan dan Ketos Desa Hargosari Kecamatan Tanjungsari, dengan 18 personel PRM diketuai Beni Iswanto. PRM ini mempunyai kepengurusan yang terbagi di 4 majelis. Yakni majelis Pendidikan, Tabligh Pustaka, Kesehatan, dan Ekonomi.

Menurut Budi Sekretaris Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Gunungkidul mengungkapkan harapannya untuk meningkatkan kualitas keimanan, keislaman, dan kehidupan bermasyarakat di Dusun Gaduhan dan Ketos Desa Hargosari Tanjungsari. Sedangkan menurut Drs. Ngadimin Wakil Ketua Muhammadiyah Daerah Gunungkidul mengungkapkan, dengan adanya Muhammadiyah berbasis masjid akan menjadi konsentrasi pengembangan kualitas jamaah di Masjid Al Ikhlas Gaduhan Ketos lebih terpusat dan maksimal

Sebagai informasi, Pimpinan Ranting berbasis masjid ini merupakan pemekaran dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah tingkat Desa Hargosari Kecamatan Tanjungsari. Menurut Kusworo, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Hargosari mengungkapkan bahwa PRM Desa Hargosari siap membantu dan menyuport untuk pelantikan PRM, PRNA, PRPM (dengan merintis KOKAM terlebih dahulu). Selain itu ia mengucapkan selamat atas terbentuknya Pimpinan Ranting Muhammadiyah terbaru berbasis masjid ini, semoga PRM Masjid Al Ikhlas Gaduhan Kertos segera berkembang pesat dan menjadi pusat kajian ilmu, keislaman, dan kemasyarakatan di Dusun Gaduhan dan Kertas Desa Hargosari yang berkemajuan. Berkemajuan dengan memegang Ajaran Islam dan budaya lokal yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Selain itu, semoga agenda pelantikan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Masjid Al Ikhlas Gaduhan Kertos dapat segera dilaksanakan.

Selain akan didirikan Pimpinan Ranting Muhammadiyah di Masjid Al Ikhlas Gaduhan Kertos akan dibentuk pula Pimpinan Ranting Naisyatul Aisyiyah, PRPM dengan didahului KOKAM, serta unsur-unsur Keluarga Besar Muhammadiyah lainnya, misalkan KL LAZISMU.

Direncanakan PDM Gunungkidul melalui LPCR akan segera membentuk Ranting Muhammadiyah di dusun lain berbasis jamaah Masjid dengan memekarkan ranting yang sudah ada ada di Gunungkidul. Selain di Masjid Al Ikhlas Gaduhan Kertos, Muhammadiyah Ranting berbasis masjid akan segera dibentuk di Dusun Karangtengah 1 dan 2 Kecamatan Tepus serta pemekaran PRM Desa Kepek Wonosari dengan berbasis Masjid At Takwa Desa Kepek di sisi utara dan Masjid Nurul Hadi di sisi selatan Desa Kepek, dengan target jumlah PRM akan ideal dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul. (imuhar)