Setelah Lama Vakum, Akhirnya DPD HKTI Gunungkidul 2020-2025 Resmi Dilantik

Setelah Lama Vakum, Akhirnya DPD HKTI Gunungkidul 2020-2025 Resmi Dilantik

Januari 12, 2020 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWSWonosari (12/01), Sebagai ummat beriman, setiap manusia diperintahkan oleh Tuhan YME untuk memakan dengan rejeki yang baik, yang sudah diberikan dan bersyukurlah kepada-Nya, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. tetapi Barangsiapa dalam Keadaan terpaksa (memakannya) sedang Dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Sumber: QS.Al-Baqarah : 172-173).

Berdasarkan perintah Sang Maha Pencipta Alla SWT, maka Pengurus Dewan Pimpinan Provinsi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Prof Ali Agus melantik ke-42 Pengurus Dewan Pimpinan Daerah HKTI Kabupaten Gunungkidul.

Pelantikan bertempat di Joglo Bakmi Jawa Kapanewon Semanu Gunungkidul pada Sabtu, 11 Januari 2020.  Untuk kepengurusan DPD HKTI Gunungkidul diketuai oleh Drs. H. Rachmad Basuki dengan 7 komite, diantaranya Komite Organisasi, Keanggotaan, Dan Kaderisasi, Hukum Perundang-Undangan Dan Kebijakan Pemerintah, Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, Penelitian dan Pengembangan, Budidaya, Pemberdayaan, Pengembangan Lembaga Usaha. Setelah pelaksanaan pelantikan, Ketua DPP HKTI Daerah Istimewa Yogyakarta, Prof. Ali Agus memberikan semangat kepada seluruh pengurus DPD HKTI Gunungkidul untuk segera menyusun program kegiatan yang langsung mengarah ke Pertanian Gunungkidul.

Khususnya di bidang pangan, Prof Ali menyebutkan bahwa di Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai banyak sumber pangan di Daerah Istimewa Yogyakarta, baik itu dari sumber pangan karbohidrat, protein dan nutrisi. Dicontohkan bahwa makanan yang sedang digadang-gadang masyarakat di Gunungkidul yakni ungkrung, menurut prof Ali Agus merupakan salah satu sumber makanan yang baik dan halal serta sarat dengan protein. Sedangkan menurut Drs. H. Rachmat Basuki, SH. MT. ketua pengurus DPD HKTI Gunungkidul dalam janga waktu dekat akan mengadakan rakerda pengurus untuk menyusun rancangan program kerja, rekonsialisi pengurus, dan nantikan gebrakan dari DPD HKTI Kabupaten Gunungkidul.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir Azman Latif dalam kesempatannya hadir mewakili Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah menyambut dengan gembira dan positif atas dilantiknya pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Kerukunan Tani Kabupaten Gunungkidul. Harapan dari Bupati Gunungkidul di dalam sambutan yang dibacakan Ir. Azman Latif, semoga DPD HKTI Gunungkidul menjadi pusatnya wadah para Petani Gunungkidul sehingga menjadikan kehidupan para Petani Gunungkidul dapat lebih baik lagi.

Pada kesempatan waktu pelantikan pengurus DPD HKTI Kabupaten Gunungkidul, Prof. Ali Agus sebagai Ketua Dewan Pimpinan Provinsi HKTI DIY menyerahkan 250 bibit buah kelapa kepada pengurus DPD HKTI Kabupaten Gunungkidul, dengan harapan nantinya ke 250 bibit buah kelapa ini menjadikan daerah Gunungkidul lebih rindang dan dapat menghasilkan buah kelapa yang banyak. (hktigunungkidul)