Tagline Ultah Gunungkidul 188 Tahun Sempulur, Artinya Apa Ya?

Tagline Ultah Gunungkidul 188 Tahun Sempulur, Artinya Apa Ya?

Mei 25, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Wonosari (25/05), Kabupaten yang luasnya hampir separuh dari luas Daerah Istimewa Yogyakarta ini, di Bulan Mei 2019 memasuki usia ke 188 tahun tepatnya setiap tanggal 26 Mei.

Menariknya panitia hari jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke 188 dan Pemerintah Kabupaten sepakat mengambil tagline Gunungkidul “Sempulur”. Apa arti dari tagline Sempulur?

Menurut Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke 188, Ir. Azman Latief saat ditemui redaksi Mentari News di sewoko Projo saat Pengajian Akbar, mengatakan bahwa sempulur diambil dari kosakata bahasa jawa yang mempunyai arti dari Tumangkar, Ngrembaka, Lestari.

Tagline Gunungkidul yang berusia ke 188 mempunyai kesinambungn dengan tagline Gunungkidul saat berusia ke 187, yakni Gunungkidul yang “Sengguh tan mingguh” yang mempunyai berprestasi tapi tidak menjadikan sombong.

Tagline hari jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke 188 tahun ini mengambil Sempulur berarti menyatakan bahwa Kabupaten Gunungkidul harus terus berkesinambungan dan berkelanjutan, terutama tentang pembangunan secara fisik ataupun non fisik untuk menjadikan Kabupaten Gunungkidul yang lebih Handayani, yang dimana hari esok harus lebih baik daripada hari sekarang. Bahasa formalnya mempunyai arti bahwa seluruh karya besar Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk kesejahteraan masyarakat hasilnya dapat dinikmati dan tetap lestari.

Untuk arti logonya mempunyai makna menitik beratkan semangat optimisme terhadap kondisi wilayah dan harapan untuk masa depan. Dengan 2 warna yakni merah dan kuning.

Warna merah sebagai simbolisasi karakter warna tanah Gunungkidul yang kita pijaki, tinggali, dan kita kembangkan dengan semangat juang pantang menyerah. Kemudian warna kuning sebagai simbolisasi warna madu, dimana filosofi madu yang dihasilkan lebah dapat bermanfaat bagi orang banyak, begitupun untuk Gunungkidul. (imuhar)