Tegalrejo Gedangsari Akan Adakan Festival UMKM Dan Jajanan Tradisional 2019

Tegalrejo Gedangsari Akan Adakan Festival UMKM Dan Jajanan Tradisional 2019

April 2, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Tegalrejo (02/04), Anak Muda di Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari merupakan bagian dari Desa Tegalrejo, yang dimana kita ketahui desa ini bersama Desa Tancep di Ngawen dan Desa Sampang di Gedangsari menjadi salah satu desa yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Dapat kita katakan merupakan terasnya Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sering sekali mereka merasa ‘dianaktirikan’ dengan bagian warga Gunungkidul lainnya, akan tetapi kecintaan warga di desa ini terhadap Kabupaten Gunungkidul tidak perlu disansikan.

Dalam rangka mengembangkan dan mengenalkan potensi wisata dan seni Budaya Kabupaten Gunungkidul, Anak Muda Desa Tegalrejo akan mengadakan Festival UMKM dan Jajanan Tradisional. Yang akan dilaksanakan pada besok Ahad (07/04) bertempat di alas sobo Dusun Ketelo Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari.

Berdasarkan leaflet yang redaksi Mentari News Indonesia terima melalui whatsapp,  rangkaian kegiatan ini terdiri dari Pameran UMKM, Jajanan Tradisional, dan permainan tradisional yang hampir ditinggalkan oleh Generasi Muda di Gunungkidul. Selain itu, juga akan diadakan jungle dinner dan fashion show yang dilakukan oleh para generasi muda di Desa Tegalrejo dan bersekolah di SMK Negeri 2 Gedangsari. Selain daripada itu, jika suasana dan cuaca mendukung pengunjung akan disuguhkan suasana sunset yang dijamin bikin takjub.

Berikut adalah video salah satu kunjungan wisatawan asal Qatar saat berkunjung ke Desa Tegalrejo Gedangsari.

Adapun untuk potensi wisatanya, Desa Tegalrejo mempunyai suatu curug ‘musiman’ yang tidak salah menarik daripada air terjun yang ada di Kabupaten Gunungkidul lainnya.

Berikut video salah satu potensi wisata dari Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari.

Menurut Dwi Ketua Panitia pelaksanaan festival UMKM dan Jajanan Tradisional ini, saat ditemui redaksi Mentari News mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menstimulasi dan memaksimalkan kunjungan wisatawan lokal baik dari Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitar ataupun wisatawan Indonesia serta wisatawan mancanegara.

Kegiatan ini sebenarnya merupakan salah satu kegiatan dari desa binaan dari Astra atau istilah kerennya adalah KBA (Kampung Berseri Astra). Adapun KBA Gedangsari sebenarnya terbentuknya baru sekira 3 bulan dan alhamdulillah KBA Gedangsari pada tahun ini menjadi Tuan Rumah dari kampung-kampung binaan Astra se Indonesia.

Selain kegiatan ini untuk para KBA se Indonesia, para anak Muda di Desa Tegalrejo juga menawarkan kepada para wisatawan lain di luar rombongan KBA se Indonesia, untuk mencoba mengikuti dan menginap di Desa Tegalrejo. Paket yang ditawarkan menginap dengan suasana khas desa.

Adapun tarif pengunjung yang mau ke sini ditawarkan dengan 2 paket, yakni Paket 1 seharga 70 ribu dengan fasilitas mengikuti acara tanpa fasilitas homestay dan 140 ribu dengan fasilitas sarapan dan sudah termasuk homestay.

Monggo bagi yang berminat dapat mengunjungi contact person yang ada di leaflet di bawah ini: