Ternyata Warga Gedangsari Gunungkidul Ini Pembuat Gamelan Sudah Terkenal di Indonesia

Ternyata Warga Gedangsari Gunungkidul Ini Pembuat Gamelan Sudah Terkenal di Indonesia

Maret 11, 2019 0 By Redaksi Mentari News

Mentari News – Gedangsari (11/03), Masyarakat Jawa khususnya Di Kabupaten Gunungkidul  melekat dengan kesenian tradisional, misalkan kita sebut saja ketoprak, Campursari, Wayang kulit

Dan mungkin belum banyak yang tau, ternyata di Kabupaten Gunungkidul mempunyai seorang pengrajin gamelan yang hasil produknya sampai ke luar Pulau Jawa yakni Kalimantan dan Sumatera.

Warga Gesangsari ini bernama Hadi sumatno (55th), seorang pengrajin gamelan yang tinggal di Dusun Balong, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari. Beliau memulai membuat gamelan sejak dari 1980 di Yogyakarta, setelah menimba ilmu pengalaman selama 12 tahun dengan ikut orang lain. Kini Hadi pulang ke kampung halamannya yaitu Gedangsari sejak tahun 1995.

“Awalnya saya hanya ikut orang mas, dalam membuat gamelan ini cuman karena saya ingin kembali ke kampung halaman sambil mengurusi rumah jadi saya akhirnya memilih memulai sendiri di Dusun Balong,” ungkap Hadi.

Untuk proses pembuatan 1 set gamelan biasanya memakan waktu 4 – 5 bulan pengerjaan. Beliau dibantu anaknya sendiri dalam pengerjaan membuat pesanan gamelan ini dan yang pesan malah dari luar pulau Jawa,” imbuhnya.

Hadi berharap semoga ke depan Pemerintah Gunungkidul dapat membantu memfasilitasi dalam pemasaran gamelan tersebut, karena salah satu faktor yang jadi kendala bagi kami adalah di pemasaran dan tentu saja itu take terlepas dari modal,” pungkas Hadi. (hermawan/imuhar)