Ujian Nasional Terakhir Dilaksanakan di Tahun 2020

Ujian Nasional Terakhir Dilaksanakan di Tahun 2020

Desember 1, 2019 Off By Redaksi Mentari News

MENTARI NEWS – Jakarta (01/12), Menteri Pendidikan kabinet Indonesia Maju Jilid 2 Presiden Joko Widodo, Nadiem Makarim mewacanakan penghapusan Ujian Nasional (UN) di awal kepemimpinannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia.

Konfirmasi Nadiem melalui laman kumpara, Nadim membenarkan hal tersebut. Namun Nadiem mengatakan penghapusan UN saat ini yang di dalam sistem pendidikan masih dalam kajian.

“Sedang dikaji masih didalami tim, ditunggu ya, karena enggak makan waktu terlalu lama. Baru minggu lalu khan tahap assesment, tahap mengevaluasi. Jadi ya belum siap, belum kita siapkan, kata Nadiem di Kemendikbud, Sabtu (30/11).

Ujian Nasional Akan Dihapus 2021

Nadiem Menteri Pendidikan yang juga pendiri aplikasi Gojek ini, memastikan di tahun depan 2020 Ujian Nasional masih dilaksanakan. Kemungkinan UN dihapus di tahun berikutnya yaitu 2021. Ya sudah pasti 2020 kan masih akan jalan UN, cuma sudah kami umumkan biar tenang, sebenarnya ini keputusan untuk tahun berikutnya,” jelasnya.

Dari pengkajian penghapusan UN berangkat dari aspirasi guru, murid, dan orang tua murid. Sebab, Ujian Nasional dianggap menimbulkan beberapa efek negatif, ujarnya. ”Dari mereka yang bukan ingin menghapuskan, tapi menghindari hal-hal yang negatif dari sisi stres kayak menghukum siswa yang mungkin dari bidang itu dan lain-lain,” tuturnya. “Jadi semacamnya prinsipnya, bukan wacana menghapus-hapus, ini juga wacana memperbaiki esensi dari UN itu sebenarnya apa, untuk menilai prestasi murid atau menilai prestasi sistem,” lanjutnya. (kumparan)