UN Semakin Dekat, Ini Tips Jelang UN 2019 Untuk Kamu

UN Semakin Dekat, Ini Tips Jelang UN 2019 Untuk Kamu

Maret 8, 2019 0 By Redaksi Mentari News

Mentari News – Ujian nasional 2019 semakin dekat, apakah kawan-kawan sudah siap ? Memang sering kali kita menjadikan ujian nasional itu sebagai momok buat kita yang kadang kita sendiri merasa khawatir pada ujian nasional, yang takut nggak lulus lah, nilai jelek lah, dan ada banyak alasan lain yang membuat kita takut menghadapi ujian nasional.

Berikut ini ada beberapa tips menghadapi ujian nasional bagi kamu yang SD , SMP , SMA / SMK dan MA yang baru mau menghadapi ujian nasional 2019 .

1. Persiapkan fisik dan mental kamu

Untuk menghadapi ujian nasional tentu bukan persiapan materi yang mau di ujikan saja . Namun kamu juga harus mempersiapkan fisik dan mental kamu. Jangan sampai ketika hari ujian tiba kamu mengalami sakit sehingga kamu harus ikut ujian susulan, karena kamu ketika hari ujian tidak masuk karena sakit. Selain fisik, kamu juga harus mempersiapkan mental kamu . Nah, untuk mempersiapkan mental kamu harus percaya diri katakan pada diri kamu sendiri bahwa saya pasti bisa, saya pasti lulus. Dengan begitu kamu akan tidak merasa takut lagi menghadapi ujian nasional karena itu adalah sebuah proses yang harus kamu lewati .

2. Pelajari materi kembali yang mau di ujikan

Selain mempersiapkan fisik dan mental , kamu harus mempelajari materi yang sudah diajarkan kepada guru. Cari waktu belajar yang menurut kamu efektif untuk belajar, karena setiap manusia itu punya cara uniknya masing masing untuk belajar. Ada yang belajar sambil mendengarkan musik baru paham dan hafal dengan apa yang di pelajarinya , ada juga yang belajar di pagi hari sebelum berangkat sekolah dengan alasan, kalau belajar di pagi hari itu otak masih fres sehingga dapat menyerap berbagai pelajaran yang ada .

3. Seringlah perbanyak latihan soal

Dengan sering melakukan latihan soal maka kamua akan terbiasa dengan soal soal itu sehingga jika kamu menemukan soal yang hampir mirip dengan yang kamu pelajari pada saat ujian nasional maka kamu tidak akan kesulitan lagi untuk menjawabnya. Selain itu kamu juga bisa berdiskusi dengan teman mu untuk membahas soal yang menurut kamu sulit untuk di pecahkan bersama – sama. Dengan diskusi kamu juga bisa bertukar pikiran dengan teman – temanmu sehingga wawasan kamu akan bertambah .

4. Berdoalah kepada Allah SWT

Setelah kamu melakukan cara diatas tadi, untuk selanjutnya kamu bisa berdoa kepada tuhan agar kamu ketika ujian diberi kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karena berusaha tanpa berdoa maka hasil yang akan didapat bisa jadi kurang maksimal. Maka dari itu selain berusaha kita juga harus berdoa kepada yang Maha kuasa. Mungkin sekian tips yang bisa saya bagikan apabila terdapat kesalahan , saya mohon maaf. (Hermawan)