Warga Kanigoro ini Walau Miskin Tak Surut Semangat Bekerja

Warga Kanigoro ini Walau Miskin Tak Surut Semangat Bekerja

April 28, 2019 Off By Redaksi Mentari News

Mentari News – Saptosari (28/04), Di Kabupaten Gunungkidul keadaan warga miskin masih banyak dijumpai dan ditemukan. Kali ini kami  mendapatkan kabar ada yang demikian warga yang tinggal di Dusun Klumpit RT.03 RW.01 Desa Kanigoro bernama Narsilah (57 tahun) dan Lagiyem (80 tahun).

Gb. Narsilah dan Lagiyem beserta Ketua RT.03 Dusun Klumpit Kanigoro (Doc. Gunungkidul Surya Media Grup)

Satu keluarga ini tinggal dengan kondisi jauh dari layak, untuk mencukupi kebutuhan primer yakni sandang, pangan, dan papan saja tidak mampu

Bangunan rumah milik mereka menyerupai gubuk dengan dinding bambu yang tidak kuat, serta bagian atap yang jika hujan dan sinar panas matahari pasti akan masuk ke rumah ini, karena memang atap rumah ini bolong. Saat redaksi mengunjungi rumah mereka dengan dibersamai oleh ketua RT setempat, harus berjalan kaki melewati bukit kecil untuk mencapai rumah Narsilah dan Lagiyem karena memang jalan menuju ke rumah kedua warga Desa kanigoro ini di cukup sempit dan terjal.

Gb. Identitas KTP Narsilah (Doc. Gunungkidul Surya Media Grup)

Walaupun dengan kondisi demikian, Narsilah dan Lagiyem tidak mau dikatakan keluarga miskin. Mereka walaupun dengan kondisi yang memprihatinkan dan layak dibantu ini tetap semangat bekerja walaupun penghasilan yang mereka peroleh sangat minjm, karena Narsilah sendiri hanyalah seorang buruh tani, itu pun baru ia lakukan saat musim cocok tanam serta panen tiba. “Nggeh walaupun kulo mboten gadah nopo-nopo, naming gadah dalem ngenten niki kudu bersyukur mas. Kulo sak keluarga mboten purun dikatakan miskin mas, nggeh pripun carane kulo sak keluarga tetep bekerja semampu kulo mas“, terang Narsilah saat ditanya redaksi Mentari News.

Dengan kondisi dimiliki Narsilah dan Lagiyem warga Desa Kanigoro yang memprihatinkan dimanakah peran dari Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten?

Redaksi Mentari News pun mengkonfirmasi ke ketua RT.03 Dusun Klumpit, Pardjiyo menjelaskan bahwa keluarga Narsilah dan Lagiyem ini termasuk list daftar PKH (Program Keluarga Harapan). Akan tetapi yang dapat cuma atas nama Mbah Lagiyem, itupun PKH yang kategori untuk umur lansia.

Pembaca Mentari News semoga mendapatkan pelajaran hidup dari Narsilah dan Lagiyem. Walaupun kita tidak mempunyai apa-apa, semiskin apapun kita jangan ada pikiran bahwa kita miskin. Berusahalah sekuat apapun, selama nyawa masih di raga, selama tenaga masih ada.

Walaupun demikian, jika pembaca mentari news ingin mencoba membantu memperbaiki rumah Narsilah dan Lagiyem, langsung dapat mengunjungi ke Dusun Klumpit, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari atau dapat ke redaksi Gunungkidul Surya Handayani Grup (Mentari News dan Gunungkidul TV) di nomer wa 0817273158 (chatt wa). (imuhar)